Peran Ekonomi Digital di Tengah Wabah Covid-19

Ekonomi baru atau disebut dengan ekonomi digital akan terus berkembang dan diminati masyarakat Indonesia. Terdata 86% dari pengguna internet mereka memanfaatkan jaringan internet untuk bertransaksi jual beli. Oleh karenanya, dimasa PSBB akibat wabah covid-19 di Indonesia, teknologi bisa mengambil perannya untuk menstimulus pengembangan ekonomi khususnya pedagang kecil dan menengah. Sikap konsumtif masyarakat Indonesia bisa menjadi peluang besar bagi usaha lokal. Khususnya jika didukung dengan pemasaran online yang pasarnya luas dan global, sehingga penyedia produk (baik barang maupun jasa) harus berbekal pengetahuan tentang kualitas produk, standar pelayanan, dan mengedepankan kejujuran. Tidak hanya pada pemanfaatan teknologi saja, untuk memperoleh hasil yang signifikan dalam ekonomi digital harus berbekal pengetahuan tentang konsumen, segmentasi pasar dan strategi pemasaran. Dengan begitu persaingan ekonomi dalam negeri Indonesia akan baik dan mandiri, tanpa bergantung pada asing. download pdf disini

Author: Mufti Afif, Lc., M.A.

Mufti Afif bin Abd. Majid dilahirkan di jember 1982, Sebelumnya menempuh S2 di Univ. Gadjah Mada konsentrasi Ekonomi Islam, setalah lulus dari Univ.Al-Azhar Kairo Mesir tahun 2008-2009. Sekarang diamanahi sebagai ketua program studi ekonomi Islam di UNIDA Gontor Ponorogo.

Leave a comment