Seminar Hasil (SEMHAS) Penelitian Program Hibah KMENRISTEKDIKTI 2017

 

 

Pengantar dan pengarahan tentang penelitian dan proposal lolos hibah, mengawali acara SEMHAS Penelitian Program Hibah Kemeristek Dikti. Pengarahan tersebut diisi oleh Reviewer  I, Prof. Subadi, SH, M.Hum (Univ. Merdeka Madiun) dan menjadi pembuka acara pagi ini. Acara di laksanakan di Universitas Darussalam Gontor pukul 09.00 wib.

Menurut beliau penelitian itu sulit tapi mudah, artinya penelitian itu dilakukan dengan ada dorongan atau motivasi si peneliti. SEMHAS penelitian ini (yang dilakukan di UNIDA pagi ini) adalah SEMHAS penelitian yang ke 15 pada tahun 2017.

Pengalaman beliau saat mengerjakan penelitian selalu menemukan judul-judul baru, paling tidak tiap tahun beliau memiliki 2 judul baru. karena dalam peneltian itu pasti akan menemukan inspirasi-inspirasi terbaru dan patut untuk dicari tahu. Untuk ide penelitian itu sederhana; yang pertama itu adalah sedang booming, yang kedua adalah hal sepele tapi masih luput dari perhatian orang banyak, dan yang ketiga udah banyak diteliti oleh orang banyak tapi masih luput juga dari perhatian orang banyak tersebut.

Beliau juga menambahkan bahwa supaya penelitian itu diterima DIKTI, maka ikuti aturan yang ditentukan oleh DIKTI. maka bagi peneliti yang belum mengunggah point-point yang harus idunggah, segera diunggah. Karena itu terkait dengan pertanggungjawaban para peneliti dengan pihak Pemilik Dana.

Dalam SEMHAS ini yang ditanyakan oleh Reviewer adalah singkat tentang latar belakang, metode dan hasil, lalu luaran yang sudah dijanjikan oleh para peneliti.

Poster ada nilainya sendiri, yang dinilai adalah nampak pada jarak 6 meter, pola alur subtansi poster harus jelas, dan daya tarik (tata letak, pewarnaan dan Pencerahan). Inilah yang menarik dari poster.

Author: Mufti Afif, Lc., M.A.

Mufti Afif bin Abd. Majid dilahirkan di jember 1982, Sebelumnya menempuh S2 di Univ. Gadjah Mada konsentrasi Ekonomi Islam, setalah lulus dari Univ.Al-Azhar Kairo Mesir tahun 2008-2009. Sekarang diamanahi sebagai ketua program studi ekonomi Islam di UNIDA Gontor Ponorogo.

Leave a comment