Kuliah Umum Semester Genap 2017/2018 UNIDA Gontor Kampus Putri oleh Dr. Abdul Hafidz Zaid, MA.

 

 

Kuliah umum sebagai “gong” pembuka bagi pelaksanaan perkuliahan di UNIDA Gontor, tidak terkecuali di UNIDA Gontor kampus putri yang dilaksanakan pada hari sabtu, 16 Desember 2017 pukul 08.15 wib di gedung pertemuan.

Rentetan acara diawali dengan pembukaan, tilawatil quran, lagu indonesia Raya, himne oh pondokku, pembacaan tri darma perguruan tinggi dan dilanjutkan dengan sambutan dari bapak pengasuh UNIDA Gontor Putri.

Acara inti dari Kuliah Umum ini disampaikam oleh Ustd. Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. yang dalam momen tersebut beliau menyampaikan point-point penting terkait dengan tugas sebagai mahasiswi atau penuntut ilmu, terutama terkait dengan penguasana bahasa asing; Arab dan Inggris yang merupakan alat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Menurut beliau bahasa itu tidak ada yang sulit, “Silahkan dan bisa dibuktikan dari diri anda sendiri. Perhatikan cara pendidikan di KMI siapapun itu dan di tigkat apa dia bisa berbahasa Arab, tetap mereka mengawali belajar B.Arab dari kata dan kalimat “haadzaa kitaabun”. Tiap hari tambah dikit saja keahliaannya, karena hari yg sekarang ini adalah masa depan anda. Maka setiap pada hari-hari anda isilah dengan sesuatu yang manfaat, karna itulah masa depan anda. Jika ingin pandai B.Arab bicaralah dengan B.Arab, begitu juga bahasa Inggris. Bahasa Asing tidak bisa dipelajari dengan bahasa indonesia, atay bahasa jawa. Karena ini adalah skill atau seni, yang bisa berkembang bila di praktikkan”.

Beliau mengutib pernyataan Ibnu Kholdun “Bahasa itu keahlian/skill, dan keahlian itu diperoleh dengan latihan”.

Rahasia belajar mengajar B.Arab dan Inggris di Gontor itu adalah ijtihad dan jihad para santri-santri itu sendiri, tidak ada yang lain. demikian yang beliau sampaikan dalam kesempatan kuliah umum tersebut.

Author: Mufti Afif, Lc., M.A.

Mufti Afif bin Abd. Majid dilahirkan di jember 1982, Sebelumnya menempuh S2 di Univ. Gadjah Mada konsentrasi Ekonomi Islam, setalah lulus dari Univ.Al-Azhar Kairo Mesir tahun 2008-2009. Sekarang diamanahi sebagai ketua program studi ekonomi Islam di UNIDA Gontor Ponorogo.

Leave a comment